“NGAWITAN” Desa Gunungkaramat Terbentuk

0
20

Palabuhanratu.Info, Kehadiran Peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan X tahun 2017 BPSDM Provinsi Jawa Barat, selama Dua hari (6/7/2017) di Desa Gunungkaramat, berhasil memberikan gagasan – Inovasi – dan terobosan, agar Desa bisa berperan dan mampu menggali Potensi Alam menjadi daya saing dalam Pembangunan.

Peserta Diklat “Visitasi Kepemimpinan Nasional” II Jawa Barat, memberikan arahan kepada masyarakat dan Pemerintahan Desa, dalam rangka upaya peningkatan Kesejahteraan masyarakat Desa Gunungkaramat Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi,

Peserta Diklat yang di Pimpin oleh “H Hidayat, Sag, SIP, setelah melakukan pendalaman dari hasil survai lapangan, bahwa Desa Gunungkaramat mempunyai Potensi yang harus dikelola secara maksimal, seperti situs Gunungkaramat, Situ Awi lega, Pasir Pamoyanan, dan hamparan Pertanian.

Selanjutnya, bahwa Desa Gunungkaramat harus membentuk Lembaga kepariwisataan Desa yang nantinya bisa terkoneksi dengan program “Geopark Ciletuh Palabuhanratu” maka diadakan musyawarah rembukan Desa, yang dihadiri oleh : Aparatur Desa – BPD – LPMD – MUI desa – Karang Taruna – PKK – Rt/Rw – dan Kader Pos yandu.

Lebih lanjut, Pemerintah Desa – BPD – dan Tokoh masyarakat di fasilitasi oleh peserta Diklat menghasilkan kesepakatan berdasarkan musyawarah sebagai berikut :

1. Memprioritaskan kegiatan              pembangunan desa berupa pembangunan obyek wisata religi, agro wisata dan wisata alam, dengan mengutamakan partisifasi dan Gotong royong warga masyarakat Desa Gunungkaramat.

2. Membentuk Lembaga Kepariwisataan Desa dengan Nama “Ngariksa Pariwisata Padesaan” (NGAWITAN) Desa Gunungkaramat.

Maka dengan terbentuk dan berdirinya “Ngawitan” sebagai Lembaga Pariwisata desa, diharapkan Lembaga ini segera membentuk “Kelompok Penggerak Pariwisata” (Kompepar) Desa Gunungkaramat, kata Kepala Desa “E Sujatna” kepada Palabuhanratu.Info, rabu (7/6/2017) karena dalam Struktur “Ngawitan” Kepala Desa dan BPD adalah sebagai penanggung jawab. (*)

Red. Jhony frana

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here