OBAMA, “Bhineka Tunggal Ika” Keunggulan Indonesia Dimata Dunia

0
10

Palabuhanratu.Info – Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, menjadi pembicara dalam Kongres Diaspora Indonesia yang digelar di The Hall Kasablanka, Sabtu (1/7/2017). Salah satu tema yang disampaikan Obama dalam pidatonya adalah pentingnya menjaga toleransi di atas bumi dalam dunia ini.
“Semangat negara Zamrud Khatulitiwa ini adalah toleransi. Semangat itu adalah salah satu pembeda Indonesia, dengan negara lain, dan ini, merupakan keunggulan karakter penting yang harus dicontoh semua negara, bahwa ‘Bhinneka Tunggal Ika'” layak diterapkan dalam tatanan system berbangsa dan bernegara, ujar Obama.

Obama bercerita tentang sikap toleransi yang dilihat dari ayah tirinya, Lolo Soetoro. Ayahnya yang merupakan penganut Muslim, sangat menghargai penganut Hindu, Buddha, maupun Kristen.

Obama kemudian menunjukkan betapa toleransi akan keberagaman menjadi identitas utama Bangsa Indonesia. Sebagai contoh, Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha berada di tengah negara Muslim. Kemudian, Candi Prambanan yang Hindu dan dilindungi oleh negara Muslim. hal ini, merupakan perpaduaan balutan budaya yang sudah terintegrasi kedalam sebuah system negara, dan dunia mengakui itu.

Belum lagi tradisi wayang kulit dan cerita Ramayana yang menjadi budaya di negara Muslim seperti Indonesia. Bahkan, Obama mengatakan, di Indonesia, tempat ibadah yang berbeda dapat dibangun berdampingan.

“Kita harus mempromosikan nilai-nilai  toleransi itu setiap hari. Indonesia terdiri atas ribuan pulau, berbagai etnis, agama dan ras. Tapi semua perbedaan harus dihargai, dan itulah semboyan dari “Bhineka Tunggal Ika”  yang mempunyai nilai ke’unggulan  Indonesia dimata dunia, kata Obama pungkasnya.

Indonesia merupakan salah satu negara terpadat penduduknya didunia, dan mayoritas penduduknya muslim terbesar didunia, Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa, hampir 72 tahun Pasca Kemerdekaan, Pancasila mampu mengikat rasa persaudaraan – persatuan – dan kesatuan dengan bingkai besar “Bhineka Tunggal Ika” nilai nilai luhur ini, merupakan warisan budaya para Pendiri Bangsa Republik ini, (Founding Pather) patut kita jaga dan melestarikannya, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai  akan jasa para Pahlawan’nya. (*)

Sumber . Kompas.com

Editor    .  Jhony frana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here