Kopi Arabika Dorong Petani Gunungkaramat Untuk Bangkit

0
30

Palabuhanratu.Info – Hamparan lahan pertanian yang luas, Desa Gunungkaramat mempunyai beberapa komoditi unggulan pertanian, seperti Cabe merah – cabe kriting dan pisang, namun belakangan ini ada tanaman kopi Arabika atau yang lajim disebut Kopi Ateng, jenis kopi ini sangat menjanjikan bagi masa depan petani di Desa Gunungkaramat.

Jenis “Kopi Ateng” bukan hanya buahnya yang lebat, tapi proses tanam dan pemeliharaanya tidak susah, bahkan dari mulai tanam sampai berbuah hanya butuh waktu kurang lebih delapan bulan, dan langsung bisa panen yang munggaran, kata ketua kelompok tani “Puspa Lestari” Agus Sugeng Pribadi” kepada Palabuhanratu.Info” sabtu (13/1/18) siang.

Menurut Sugeng” jenis kopi Arabika/Ateng ini, kedepan sangat menjanjikan bagi para petani di Desa Gunungkaramat, sementara ini, yang berkebun kopi ateng” hanya beberapa petani saja di luar kelompok “Puspa Lestari” dan kamipun baru menanam kurang lebih tiga tahun diatas lahan 25.000. M (2,5 Ha) terangnya.

Kami berkebun hanya menggarap di area Taman Nasional, maka nama kelompok taninya “Puspa Lestari” bermitra dengan taman nasional dalam konsevasi hutan, kami membantu dalam menanam pohon puspa dan kami juga memanfaatkan ruang yang kosong di sela pepohonan untuk menanam ‘kopi Arabika/ateng” dan kopinya bagus seperti ini, kata “Sugeng” sambil memegang ranting pohon kopi yang buahnya sangat banyak.

hasil panen kopi ateng selama ini, belum bisa menembus pasar ibu kota, karena kami masih menyesuaikan dari quota penghasilan, kami baru bisa memenuhi kebutuhan lokal saja, itupun belum maksimal, kata ketua “Koperasi Sengon Mandiri” ini, pungkasnya. (*)

Penulis  : Rudi Heriyanto

Editor    : Jhony frana

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here