Linmas Desa Berperan Untuk Menciptakan Rasa aman & Nyaman Di Tengah Masyarakat

0
46

Palabuhanratu.Info – Kehadiran Linmas di tengah tengah masyarakat sangatlah penting dan strategis, karena perannya sebagai Perlindungan Masyarakat (Linmas) benar benar di butuhkan, maka setiap anggota Linmas yang Berada di setiap lingkungan harus mampu menjaga rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat dan terpelihara kedamaian lingkungan.

Lahirnya Linmas Desa yang berkualitas, harus diciptakan dengan Peningkatan Kapasitas Peran Linmas Desa, tentunya  melalui “Bimbingan Teknis” sebagai pembinaan yang harus dilakukan oleh Pemerintahan Desa, seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Gunungkaramat Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, pada Selasa (15/5/2018) siang.

Bertempat di aula Kantor Desa, sebanyak 15 anggota Linmas Desa Gunungkaramat mengikuti pembinaan dan Bimbingan Teknis dengan Tema “Menciptakan Anggota Linmas Yang Handal Berkualitas Dalam Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat” dengan narasumber dan Instruktur dari Manpol Pamong Praja Kecamatan Cisolok “Yayat Supriatna,SIP.

Linmas adalah Organisasi Masyarakat yang di bentuk dan di bina oleh Kepala Desa dalam hal ini Pemerintah Desa (Pemdes) dengan dibekali Ilmu pengetahuan dan wawasan keamanan lingkungan, Linmas bertugas sebagai Perlindungan Masyarakat, dan itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam  Negeri Nomor 84  Tahun 2014 Tentang  Penyelengaraan    Perlindungan Masyarakat”  dan Peraturan Presiden nomor 88 tahun 2014 Tentang Pencabutan Kepres Nomor 55 Tahun 1972 Tentang Penyempurnaan Organisasi Pertahanan Sipil Dan Organisasi Perlawanan Keamanan Rakyat Dalam Rangka Penertiban Pelaksanaan HANKAMRATA, ungkap “Yayat.

Dalam pemaparanya “Yayat S” menegaskan, untuk Peningkatan Kapasitas Linmas, itu harus memenuhi beberapa unsur dan cakupan dalam Pemberdayaan Satlinmas, ya itu meliputi  “Pendidikan Dan Pelatihan – Peningkatan Peran serta Dan Prakarsa – Peningkatan Kesiapsiagaan – Penanganan Tanggap Darurat – Pengendalian Dan Operasi – Serta Pembekalan” tutupnya.

Sementara masih di tempat yang sama, Sekretaris Desa (Sekdes) Gunungkaramat “Ken Saraswati” menjelaskan perihal penyelengaraan “Kegiatan Peningkatan Kapasitas Linmas” bertujuan : agar para anggota Linmas Desa Gunungkaramat mempunyai Ilmu Dan wawasan serta keterampilan sebagai Pelindung Masyarakat, kepada “Palabuhanratu.Info” di ruang kerjanya.

Lebih jelasnya “Kens” memaparkan, dalam menghadapi perhelatan Pesta Demokrasi “Pilkada Jabar 2018 dan Pilpres 2019″ maka Kehadiran Linmas Desa yang Handal dan Cakap sangatlah di butuhkan” oleh karena hal itu; Pemerintah Desa Gunungkaramat menyelenggarakan kegiatan ini, dan ini merupakan wujud tanggungjawab moral dalam penyelenggaraan system tatakelola Pemerintahan Desa.

Kegiatan Penyelengaraan Peningkatan Kapasitas Linmas ditopang dari anggaran dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018 tahap 1 masuk dalam kategori bidang Pemberdayaan yang sudah masuk Plot APBDesa dan itu sesuai Peruntukannya, pungkas “Kens. (*)

Penulis  : Rudi Heriyanto

Editor.    : Jhony frana

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here